Rabu, 04 Januari 2012

Wajib Militer di Korea Selatan


Wamil atau wajib militer adalah kewajiban bagi warga negara berusia antara 18 27 tahun untuk menyandang senjata dan menjadi anggota tentara. Warga wanita biasanya tidak diharuskan wamil, tetapi ada juga negara yang mewajibkannya, seperti di Israel. Korea Selatan adalah salah satu negara yang masih menjalankan wajib militer kepada warganya yang berjenis kelamin laki-laki. Tujuan Wamil adalah untuk mempersiapkan para pemuda negara tersebut dengan teknik dasar militer sehingga siap membela negaranya jika sewaktu-waktu terjadi ancaman invansi dari negara lain dan militer kekurangan pasukan.


Korsel sendiri gencar menjalankan program wajib militer ini dikarenakan hubungannya dengan negara tetangganya, Korut, yang sampai saat ini masih terasa hambar pasca Perang Korea yang akhirnya memisahkan kedua negara tersebut. Pria Korea Selatan yang berumur 20-30 tahun diwajibkan mengikuti program wajib militer ini selama 2,3 2,5 tahun. Stress biasanya akan melanda mereka jika mendapat panggilan untuk wajib militer.

Namun ada beberapa golongan yang tidak diwajikban untuk mengikuti wajib militer ini.

1. Orang cacat.

2. Ilmuan

3. Orang yang berjasa abgi negaranya. Sehingga tim sepak bola Korea Selatan tahun 2002 ( Ahn Jung Hwan cs ) yang berhasil masuk semi final pada Piala Dunia tidak wajib mengikuti wamil.

4. Kriminal

5. Orang yang mengalami cedera fisik.

6. Jika laki-laki adalah pencari nafkah utama.

7. Sudah menikah dan tidak memiliki anak laki-laki.

8. Jika dia anak tunggal / hanya anak laki-laki. Hal ini untuk memastikan warisan dari keluargaatau semacam penerus keluarga.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar