Rabu, 04 Januari 2012

Islam di Korea Selatan



Walaupun menjadi agama minoritas, karena baru sebanyak 0.80% dari total seluruh penduduk Korea Selatan yang memeluk agama Islam, namun Islam telah berkembang di Korea Selatan. Menurut Lee Hee-Soo (Yi Hui-su), presiden Institut Islam Korea, ada sekitar 40.000 Muslim yang terdaftar di Korea Selatan, dan sekitar 10.000 yang diperkirakan sangat aktif praktisi. Dan menurut data dari Korea Muslim Federation (KMF) yang didirikan sejak tahun 1967 menyebutkan, jumlah Muslim di Korea Selatan sekarang ini mencapai 120.000-130.000 orang, terdiri dari Muslim Korea asli dan para warga negara asing. Jumlah orang Korea asli yang Muslim sekitar 45.000 orang, selebihnya didominasi pekerja migran asal Pakistan dan Bangladesh.


Dan perkembangan agama Islam di Korea Selatan semakin bertambah pesat. Hal ini dapat dilihat dari semakin bertambahnya jumlah masjid dan mushalla yang ada. Saat ini ada sekitar 10 masjid dan 50 mushalla yang tersebar di negara yang baru mengenal Islam 60 tahun yang lalu, tepatnya setelah perang Korea terjadi.
Menurut informasi yang saya dapat, masjid merupakan suatu tempat penting bagi orang-orang Muslim di Korea Selatan. Disana mereka dapat saling bersilaturahmi dengan sesama Muslim dan mendapatkan informasi tentang Islam. Karena masjid merupakan pusat informasi bagi warga Korea yang ingin belajar Islam.
credit : en.wikipedia.org + yunhee66.wordpress.com + lintasberita.com





Tidak ada komentar:

Posting Komentar