Kamis, 29 Desember 2011

~ Makanan Khas Korea~

Bulgogi 
Masakan daging khas Korea berupa daging sirloin atau bagian daging yangbagus dari seekor sapi. Bumbu bulgogi terdiri dari campuran kecap asin dan gula yang ditambah dengan bumbu lain tergantung dari resep dan daerahnya di Korea. Sebelum dimakan, daun selada digunakan untuk membungkus bulgogi bersama kimchi, bawang putih, atau penyedap lain sesuai dengan selera. Bumbu daging bulgogi lebih manis dibandingkan dengan bumbu Yakiniku (Jepang)

Doenjangjjigae
Merupakan jenis rebusan (jjigae) yang terbuat dari rebusan sup (doenjang) atau saus kacang kedelai fermentasi. Doenjangjjigae dimasak dengan bahan yang berbeda menurut musimnya. Pada musim panas, makanan ini dicampur dengan jamur, sedangkan pada musim dingin biasanya ditambahkan dengan daun lobak. Bahan-bahan yang biasanya terdapat dalam doenjangjjigae adalah potongan cabai, ketimun, tahu yang direbus dalam ttukbaegi atau panci kecil dari besi yang langsung disajikan selagi panas. Doenjangjjigae adalah makanan favorit masyarakat korea karena rasanya yang kuat serta dicampur dengan rasa asin dan pedas.

Kimchi
Makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udak krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah. Sayuran yang paling umum digunakan adalah sawi pituh dan lobak. Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi, nasi goreng kimchi, dan berbagai masakan lain.

nanti di lanjut lagi ya xD ~

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar